Kamis, 04 April 2013

Mulai Menggunakan Python

Python bisa diinstal di berbagai sistem operasi termasuk windows, Mac OS X, OS/2 atau Linux/UNIX. Tapi jika anda memakai MAc OS X atau Linux, Anda akan mendapatkan python secara default. Untuk saat ini saya masih menggunakan Ubuntu, dimana python secara default akan ada ketika selesai instalasi Linux. Pengguna windows bisa mendapat python melalui URL berikut :

http://www.python.org/getit/windows/

Saat ini versi terbaru python yang dirilis adalah python 3.2.3 dan python 2.7.3. Python 3.0 (juga disebut "Python 3000" atau "Py3K") dirancang untuk memperbaiki kekurangan dalam kompatibilitas seri 2.x. Untuk lebih jelasnya, silakan dibaca di URL berikut :

http://www.python.org/doc/versions/

Untuk saat ini saya masih menggunakan python 2.7.1 :)

Pengguna Linux bisa langsung memakai python dengan mengetik "python" di terminal, maka akan muncul berikut :


Source code python bisa dibuat dengan menggunakan text editor seperti gedit, kate, vi, emacs dll. Beberapa text editor juga menyediakan fasilitas untuk programmer seperti highlight syntax, dan memperlihatkan code yang error. IDE(Integrated Development Environment) akan lebih mempermudah pemrograman dengan tampilan antarmuka. Ada beberapa IDE untuk python seperti : IDLE, Eric, Geany, DrPython, dll. Python juga didukung oleh Bluefish.

Python juga mendukung berbagai macam penggunaan database, seperti :
- IBM DB2
- Firebird
- Informix
- Ingres
- MySQL
- Oracle
- PostgreSQL
- SAP DB
- Microsoft SQL Server
- Sybase

Seperti biasa, memulai programming dengan "Hello World" :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar